Pendidikan adalah usaha sadar dan
terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran
agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk
memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,
kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya,
masyarakat bangsa dan negara.
Pengajaran adalah kegiatan yang dilakukan
guru dalam menyampaikan pengetahuan kepada siswa. Pengajaran juga
diartikan sebagi interaksi belajar dan mengajar. Pengajaran berlangsung
sebagai suatu proses yang saling mempengaruhi antara guru dan siswa.
Pembelajaran adalah usaha membantu siswa
atau anak didik mencapai perubahan struktur kognitif melalui pemahaman.
Psikologi humanistik, pembelajaran adalah usaha guru untuk menciptakan
suasana yang menyenangkan untuk belajar (enjoy learning), yang membuat
siswa dipanggil untuk belajar
Persamaan antara pendidikan, pembelajaran dan pengajaran.
Semuanya akan dapat mencapai tujuan jika pembelajaran bermakna dengan
pengajaran yang tepat. Sebaliknya pendidikan tidak akan mencapi tujuan
jika pembelajaran tidak bermakna dengan pengajaran yang tidak tepat.
Sumber : Bloger@Blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar